Tips Cara Cepat dan Mudah Redakan Stres

Teknik breathing and relaxation diyakini dapat membantu meredakan stres dalam waktu singkat. Silahkan praktikan tiga langkah ini selama 5-10 menit ketika gejala stres menghampiri Anda :


1. Breathing down
Tentukan posisi tubuh yang nyaman, bernafas secara perlahan, tidak terburu-buru, sambil membayangkan sesuatu yang bersifat menenangkan. Tahan nafas beberapa saat dan mengatakan pada diri sendiri “biarkan diri ini tenang”. Secara perlahan keluarkan udara dari hidung.

 

2. Controlling tempo breathing
Tempatkan jari pada nadi di tangan, setelah itu bernafas secara perlahan, perhatikan dan rasakan denyut nadi di tangan. Setelah itu tentukan jumlah hitungan untuk tiap menarik nafas, menahan nafas, dan membuangnya.
3. Breath counting
Lakukan seperti controlling tempo breathing ditambah dengan berkata dalam hati “tarik…buang…tarik…buang…tarik” begitu seterusnya, secara konstan. Lakukan sepuluh hitungan di setiap step-nya. Apabila dilakukan dengan benar, perasaan cemas dan detak jantung yang keras diharapkan bisa kembali normal. Ketiga cara pernafasan ini sebaiknya dilakukan pada saat tubuh merasa kelelahan atau ingin menenangkan debar jantung yang kencang. Selain itu, stres juga dapat diredakan dengan mengkonsumsi
makanan yang memiliki efek sedatif (penenang), seperti daun slada. Atau, dengan mengkonsumsi suplemen yang berkhasiat meredakan ketegangan sel-sel saraf, seperti Panax Ginseng Capsules.

Posted on 21 April 2012, in Kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: