Potensi Buah Pisang

Alasan yang tepat untuk membudidayakan pisang sebagai buah yang berkhasiat karena iklim tropis yang sesuai serta kondisi tanah yang banyak mengandung humus memungkinkan tanaman pisang tersebut luas di Indonesia. Hampir seluruh wilayah Indonesia merupakan daerah penghasil pisang. Senta produksi pisang terdapat di Jawa Barat,

Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

 

Pisang sejak lama di kenal sebagai buah yang lezat dan berkhasiat bagi kesehatan. Selain itu, pisang merupakan sumber vitamin C yang baik, kaya akan vitamin B6 yang penting untuk pembentukan antibody dalam sistem kesehatan tubuh, membantu metabolisme protein, pembentukan sel darah merah dan pemeliharaan system saraf pusat. Selain berfungsi sebagai Koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, B6 berperan dalam sintesis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotorin diyakini berperan aktif dalam Neurotransmitter[1]  dalam kelancaran fungsi otak vitamin B6 ini juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi baik bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Hasil penelitian yang dilakukan whaitney pada tahun 1999 dalam laporan disertai doktornya Lincoln University  menyebutkan bahwa pisang adalah salah satu buah yang memiliki peran penting  dalam pemenuhan kebutuhan  Vitamin B6. Kontribusi yang diberikan pisang adalah sebesar mencapai 12% pada anak-anak 8-9 tahun.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan pada tahun 1990 oleh Manore[2] dan kawan-kawan  menunjukan bahwa satu buah pisang dapat memenuhi kebutuhan vitamin B6  sebesar 30% pada lansia dengan tingkat ekonomi yang rendah. Dengan demikian asumsinya adalah bahwa konsumsi pisang sebanyak dua kali dengan ukuran berat 120 gram per satuanya dapat memenuhi kebutuhan vitamin B6 setiap harinya.

 

Wanita usia subur membutuhkan vitamin B6 dengan kisaran 1,3-2,0 setiap harinya. Dan tentunya kebutuhan  ini akan bertambah dan disesuakan dengan keadaan hkusus seperti hamil, saat menyusui, dan saat mentruasi beserta dengan gejala-gejala awal sindrom pramentruasi yang dialami oleh wanita secara rutin setiap bulanya. Dengan kandungan vitamin  B6 dan kalsium yang cukup tinggi pada pisang, pisang memiliki potensi yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita setiap harinya mengapa?????…….

 

Karena kandungan gizi pisang utamanya vitamin B6 dan kalsium serta glukosa dapat membantu menstabilkan kadar serotonin pada otak agar mood tetap terjaga dengan baik, setidaknya gejolak emosi beserta segala kesensitifannya terhadap segala hal dapat berkurang, syukur-syukur jika semuanya berjalan normal saja sehingga anda tetap beraktivitas juga tidak terkena dampak emosi saat PMS datang menyapa.


[1] Radang saraf dalam otak manusia

[2] Seorang Profesor yang ahli di bidang Biologi/Makhluk Hidup

Posted on 21 April 2012, in Kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: