Mengembalikan Rasa Percaya Diri yang Pudar

Seseorang yang menjalankan bisnis direct selling atau bisnis penjualan langsung dituntut memiliki rasa percaya diri yang tinggi, terutama ketika bertemu dengan orang lain dalam menjual produk atau mempresentasikan bisnisnya. Namun terkadang rasa percaya diri ini menurun bahkan anjlok karena suatu sebab. Jangan biarkan Anda hanyut dalam suasana ini, segeralah bangkit dan dapatkan kembali diri Anda yang penuh semangat dalam membangun bisnis.

Bila Anda merasa “down”, lakukan tip berikut ini. Mudah-mudahan rasa percaya diri sempat memudar kembali bersinar mengiringi hari-hari Anda.


1. Perhatikan Postur Tubuh.
Perhatikan postur tubuh Anda. Ubahlah penampilan yang tadinya “lemas dan lunglai” menjadi berdiri tegak, busungkan dada. Sikap berdiri atau duduk Anda akan mengirimkan pesan tertentu pada orang-orang yang ada di sekeliling. Sikap tubuh yang tegak akan memancarkan rasa percaya diri. Orang akan memandang Anda secara positif dan mau berbicara dengan Anda. Tentunya ini akan semakin memperkuat rasa percaya diri Anda.

2. Bergaulah dengan Orang yang Positif
Untuk memupuk rasa percaya diri, Anda perlu bergaul dengan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri, berpikiran positif, dan optimis memandang hidup. Lingkungan membawa pengaruh besar pada diri seseorang, dan percayalah Anda akan “tertular” oleh semangat dan rasa percaya diri mereka. Tentu sebaiknya Anda menjauh dari orang-orang yang pesimis dan suka mengeluh, karena ini bisa memperburuk rasa percaya diri Anda.
3. Ingat Hal-hal yang Menyenangkan.
Anda perlu mengingat kembali hal-hal yang menyenangkan, terutama ketika saat percaya diri Anda muncul. Rasakan kembali “rasa” yang pernah ada itu. Ini akan membantu Anda menarik dan memupuk balik rasa percaya diri di dalam pikiran dan hati Anda.

4. Berlatihlah
Berlatihlah sesering mungkin dalam melakukan sesuatu. Semakin kuat kemampuan dan keahlian yang Anda miliki akan semakin kuat pula rasa percaya diri Anda membawakannya ketika di hadapan orang lain kapanpun dan dimanapun.

5. Kenali Diri Sendiri
Tidak ada orang yang sempurna. Hari ini mungkin Anda berhasil, tetapi di lain waktu bisa saja gagal. Maka, pikirkanlah hal-hal positif tentang diri Anda, keberhasilan-keberhasilan yang Anda peroleh, sehingga rasa percaya diri itu bangkit kembali.

6. Evaluasi Diri
Terimalah kegagalan Anda dalam melakukan suatu hal. Anda perlu melakukan evaluasi diri, tapi jangan menghakimi diri. Menghakimi berarti menyalahkan diri sepenuhnya,  sedangkan mengevaluasi mencari kekurangan yang ada untuk diperbaiki di masa datang. Melakukan evaluasi diri membuat Anda semangat untuk mencoba lagi dengan cara yang lebih baik.

7. Berani Mengambil Risiko
Bila sudah berniat melakukan sesuatu, lakukan segera. Jangan ada pikiran takut gagal atau takut ini itu. Berani mengambil risiko akan membuat Anda terlatih menyingkirkan rasa takut yang seringkali menurunkan rasa percaya diri Anda.

8. Berbicara dengan Lugas
Bicaralah lugas, langsung pada pokok masalah tanpa mutar-mutar pada hal yang tidak penting bagi lawan bicara Anda. Cara ini membuat orang cepat dan mudah memahami apa yang Anda sampaikan. Implikasinya rasa percaya diri Anda akan terbangun karena lawan bicara menunjukkan sikap yang positif terhadap Anda.

Posted on 21 April 2012, in Lain-lain. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: